Steker adalah alat listrik yang digunakan untuk menghubungkan atau menghantarkan listrik dari peralatan listrik ke stop kontak. Bentuk steker di Indonesia pada umumnya menggunakan tipe 2 kaki, yang mengikuti jenis lubang stop kontak yang lazim digunakan pada hunian di Indonesia.

Fungsi dan kegunaan

1.Menghubungkan perangkat elektronik ke stop kontak

Fungsi utama dari steker adalah menghubungkan perangkat elektronik ke sambungan listrik yang bersumber pada stop kontak. Sehingga perangkat elektronik dapat berfungsi sesuai dengan kegunaannya.

2.Pengaman pada instalasi listrik 

Dengan adanya steker, jalur penghantar listrik ke alat elektronik jadi aman. Karena steker terbuat dari bahan khusus yang tidak bisa menghantarkan arus listrik. Sehingga perangkat elektronik yang terhubung jauh lebih aman dari sengatan. 

Tipe-tipe steker Broco

1.Steker Standar/gepeng

Steker jenis ini berbentuk pipih (gepeng) dan mempunyai dua batang logam untuk dihubungkan ke stop kontak. Steker ini mempunyai daya sebesar 2.5A 25

 

   2. Steker T Arde

Sama seperti namanya, steker ini berbentuk seperti huruf T. Dimana steker ini memiliki tiga buah colokan yang dapat dihubungkan ke perangkat elektronik. Steker ini digunakan menyesuaikan dengan bentuk colokan atau kabel dari perangkat elektronik. Steker ini mempunyai daya sebesar 10A 250V.

 

3. Steker Arde L/steker bengkok

Sesuai dengan namanya, steker jenis ini memiliki lekukan (yang bengkok) seperti sudut siku-siku. Model steker ini sangat bagus digunakan pada kabel listrik yang langsung menghadap ke bawah, sehingga kabel akan terlihat sangat rapi.

4. Steker saklar dengan lampu

Steker ini berbentuk “L” terbalik yang dilengkapi switch di bagian punggungnya. Fungsi dari switch tersebut adalah mematikan arus listrik yang mengalir di kabel yang terpasang pada steker. 

Apabila switch menyala, ini menandakan bahwa ada listrik yang mengalir melalui steker. Jika padam, menunjukkan kondisi sebaliknya aliran listrik terputus atau off. Steker ini mempunyai daya sebesar 10 A 250 V.

 

   5. Steker adapter universal

Steker adapter universal ini digunakan untuk menyalurkan listrik ke perangkat elektronik, yang bisa digunakan untuk segala jenis colokan. Tentunya akan memudahkan Anda terutama ketika traveling. Over Steker Universal Broco dibuat dari material pilihan dan diproduksi dengan kualitas SNI dan LMK serta sertifikat Standar Internasional CE dan ISO 9001. Steker ini mempunyai daya sebesar 6A 250V.

 

 6. Steker AC arde

Steker ini memiliki 3 buah colokan dan dilengkapi dengan arde yang membuat steker ini aman untuk digunakan. Broco Steker AC Arde 7110 memiliki arus 13 Ampere dengan tegangan 250 Volt.

 

Demikian penjelasan mengenai tipe-tipe steker Broco.

Anda dapat menemukan berbagai jenis steker broco dan membelinya secara grosir dengan mudah di aplikasi Fullmoon. 

Download sekarang di Play store maupun App store!