Memilih lampu LED yang tepat saat ini penting mengingat, lampu LED saat ini sudah menjadi primadona untuk menerangi ruangan. Walaupun tergolong lebih mahal dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, namun banyak keunggulan lainnya yang mampu menjadi poin plus dari lampu ini. 

Lampu LED sangat terkenal hemat energi dan bahkan beberapa LED dapat bertahan hingga 20 tahun. Walaupun saat ini sudah banyak yang menjual lampu LED di pasaran, untuk membelinya Anda harus tetap cermat untuk memilih LED mana yang tepat.

Bagi Anda yang masih bingung memilih lampu LED yang tepat, berikut beberapa tips untuk Anda.

1. Memilih warna cahaya lampu yang tepat

warna lampu

Pilihan warna lampu

Lampu LED saat ini memiliki berbagai macam warna, bahkan beberapa LED bisa berganti warna sesuai yang kita inginkan. LED tersebut biasa kita sebut Smart lamp atau lampu pintar. Memilih warna lampu yang tepat disini adalah menyesuaikan dengan tujuan dan suasana ruangan. 

Lampu LED yang berwarna putih dapat memberikan kesan ruangan yang terang dan membantu penglihatan ketika membaca atau mengerjakan sesuatu yang detail.

2. Pilih jenis lampu yang sesuai

jenis lampu LED

Pilihan jenis lampu LED

Pilihlah jenis lampu LED yang sesuai untuk ruangan. Apakah Anda akan memasang lampu Downlight, Tubelight, Bohlam ataupun LED Strip. Namun pastikan sesuaikan dengan tujuan dan suasana ruangan Anda.

3. Perhatikan kecerahan dan watt lampu

watt lampu

Kecerahan lampu

Sebelum memilih LED perhatikan kecerahan dan watt pada lampu yang sesuai. Watt yang besar pastinya akan menghasilkan konsumsi listrik yang besar pula. Sedangkan tingkat kecerahan dapat disesuaikan berdasarkan luas dan kegunaan lampu pada ruangan.

Contohnya untuk ruang tamu yang luas maka pilih lampu dengan kecerahan (lumens) yang besar pula. Namun untuk kamar atau ruangan yang lebih kecil, pilihlah lampu yang tidak begitu terang dan watt yang rendah.

4. Mengatur lokasi penempatan

pemasangan lampu

Penempatan lampu

Peletakan lampu sangat menentukan penerangan ruangan untuk itu perhatikan spot penempatan lampu di ruangan Anda sebelum memasangnya. Apabila penempatan lampu tidak tepat maka bisa jadi Anda harus menggunakan lampu yang lebih banyak. Atau bahkan membuat suasana ruangan berbeda dari yang Anda harapkan.

Untuk itu selalu pertimbangkan penempatan lampu Anda agar sesuai dengan fungsi dan suasana ruangan, namun tetap dapat menghemat listrik.

5. Perhatikan daya tahan dan garansi lampu

garansi lampu

Ilustrasi garansi lampu

Lampu LED memang terkenal dengan lampu yang tahan lama, bahkan beberapa lampu LED dapat bertahan hingga 20 tahun. Namun hal penting lainnya Anda tetap harus memperhatikan daya tahan dan garansi yang disediakan oleh perusahaan. Supaya apabila dikemudian hari Anda mendapati lampu LED yang Anda beli rusak, Anda dapat mengklaim garansi tersebut dengan syarat yang berlaku.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli lampu LED. Anda juga dapat memilih lampu LED smart sebagai opsi untuk lampu ruangan Anda. Ketahui juga keunggulan dan hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smart lamp.

Temukan kemudahan berbelanja berbagai jenis lampu LED melalui smartphone hanya di aplikasi Fullmoon. Download sekarang di Play store maupun App store!