Bicara mengenai bahan bangun, pasti tidak terlepas dari pembahasan pipa terutama pipa PVC. Pipa memiliki fungsi penting untuk menyalurkan air pada hunian. Untuk itu keberadaannya sangat diperlukan bagi setiap orang. Mengingat fungsinya yang krusial, bahan yang digunakan pun berkualitas.

Seperti penyebutannya, pipa PVC atau PolyVinyl Chloride adalah produk termoplastik yang digunakan untuk saluran air. Pipa ini dibuat dari bahan baku berupa polivinil klorida yang juga bisa disebut dengan PVC.

Pipa jenis PVC merupakan pipa yang paling banyak digunakan saat ini. Hal tersebut dikarenakan pipa ini menawarkan banyak kelebihan, diantaranya mudah dirangkai dan terjangkau.

Fungsi Pipa PVC 

Fungsi pipa PVC

Fungsi pipa PVC

Setelah mengetahui pengertian, material dan fungsinya secara umum. Selanjutnya berikut ini beberapa fungsi pipa PVC antara lain:

  • Menjadi saluran supply untuk air bersih, air kotor dan buangan.
  • Menjadi pelindung kabel listrik yang ditanam di tanah atau dinding yang tidak berkarat atau membusuk dari akibat pengaruh alam dan cuaca.
  • Digunakan untuk pemakaian tekanan tinggi dan menengah seperti sprinkler, venting, saluran bahan kimia, irigasi, dan air minum.
  • Menjadi saluran bahan kimia dengan berbagai macam fungsi kegunaan.
  • Bisa digunakan untuk tekanan rendah seperti air hujan, pembuangan air di jalan raya, pembuangan bahan kimia pembangunan limbah dan selokan.

Keunggulan Pipa PVC

memotong pipa pvc

keunggulan pipa PVC

Setelah mengetahui fungsi dari pipa PVC, keunggulan dari pipa ini juga perlu Anda ketahui. Diantaranya:

1.Instalasi mudah

Dibanding produk pipa yang terbuat dari besi, pipa berbahan PVC ini memiliki prosedur pemasangan yang jauh lebih mudah. Karena material yang digunakan adalah Thermoplastic, sehingga membuatnya lebih mudah dipotong dan lebih ringan untuk dibawa.

2.  Anti korosi

Pipa penting untuk memiliki sifat anti korosi, karena akan mengalirkan air maupun bahan kimia. Pipa jenis PVC ini anti korosi, selain itu bahan pembuatan pipa PVC pun tahan terhadap bahan kimia tertentu, misalnya alkali dan beberapa senyawa kimia lainnya.

3.  Tidak menghantarkan api

Bila terbakar, pipa PVC ini tidak akan meneruskan titik nyala api. Bahkan api yang menjalar bisa padam dengan sendirinya.

4. Permukaan licin

Pipa ini memiliki permukaan yang licin. Sehingga kecepatan aliran di dalamnya konstan (tetap), tidak menimbulkan endapan kotoran, tidak mudah tergerus akibat adanya partikel tertentu.

Pipa PVC Lesso

pipa PVC lesso

Pipa PVC Lesso

Demikian penjelasan mengenai pipa PVC. Kami merekomendasikan Pipa PVC merek Lesso. Pipa PVC dari Lesso memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Tahan terhadap suhu tinggi, pipa ini tahan hingga 70°C untuk pemakaian jangka panjang dan tahan terhadap suhu hingga 90°C untuk pemakaian jangka pendek.
  2. Tidak beracun
  3. Tahan dari korosi
  4. Kapasitas aliran tinggi
  5. Biaya instalasi yang murah
  6. Tahan lama, Pipa PVC Lesso dapat digunakan hingga 50 tahun dengan penggunaan yang tepat.

Temukan kemudahan belanja Pipa PVC dari Lesso ini secara grosir di aplikasi Fullmoon. 

Aplikasi Fullmoon memberikan harga termurah, proses belanja yang mudah dan jaminan produk aman dan original.

Download sekarang di Play store maupun App store!