Cara menata ruangan sempit menjadi terlihat luas merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya kita benar-benar harus jeli dan hati-hati dalam menempatkan bahkan memilih furniture yang tepat. Hal ini penting untuk menentukan seperti apa hasil penataan ruangan. Apakah akan terlihat lebih luas atau justru berantakan penataanya.

Sebelum memulai menata ruangan, pastikan Anda memiliki banyak referensi dekorasi ruangan. Mulai dari warna, contoh furniture, pemilihan aksesoris yang tepat, sampai lighting yang sesuai. Memang butuh kreativitas dan intuisi untuk mendekornya. Namun Anda tidak perlu khawatir artikel ini dapat menjadi rujukan untuk membantu Anda menata ruangan sempit menjadi luas.

1.Pilih furniture multifungsi

kasur multifungsi

99.co

Menggunakan furniture multifungsi dalam ruangan bisa menjadi cara untuk mengoptimalkan spot pada ruangan. Anda dapat memilih lemari dengan 2 laci atau lemari dengan banyak sekat. Untuk di kamar Anda dapat memilih dipan kasur yang kolongnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang.

Penggunaan furniture multifungsi merupakan salah satu cara menata ruangan sempit agar terlihat rapi. pemilihan warna dari furniture juga penting, pilihlah furniture dengan warna soft atau putih dapat memberikan kesan lapang pada ruangan.

Kuncinya adalah pintar-pintarlah menata barang-barang dengan rapi sehingga ruangan lebih terlihat luas. Selain itu pilihlah custome furniture, hal ini penting agar furniture yang akan dipasang di ruangan bisa di sesuaikan dengan ukuran ruangan Anda, jadi Anda tidak perlu ragi repot mencocokan furniture mana yang cocok ditempatkan di ruangan.

2. Warna cat yang tepat

warna dinding untuk ruangan sempit

Perbandingan warna dinding pada ruangan

Pengaruh warna tembok dalam ruangan juga sangat memengaruhi tampilan dan suasana ruangan. Pilihlah warna-warna soft untuk membuat ilusi ruangan tampak lebih luas. 

Namun jangan terlalu terpaku pada warna monokrom (hitam dan putih) karena pemilihan warna yang monoton ternyata dapat memberikan kesan sempit karena sangat terlihat senada.

Maka cobalah pilih warna yang beragam namun juga tidak berlebihan.

3. Lighting yang sesuai

pencahayaan ruangan

Pencahayaan ruangan

Pencahayaan pada ruangan juga dapat memengaruhi kesan ruangan. Untuk itu penting sekali untuk memilih pencahayaan yang tepat, mulai dari pemilihan lampu sampai penempatannya. Lampu yang biasa digunakan untuk membantu memberikan kesan lapang pada ruangan adalah lampu downlight

Ini karena lampu downlight dapat di pasang di dalam plafon dan tidak menonjol pemasangannya, namun lampu ini dapat memancarkan cahaya yang luas sehingga dapat memberikan kesan lapang. 

Pasanglah lampu downlight pada sudut-sudut ruangan, dan untuk pencahayaan di tengah atau utama, Anda dapat menambahkan lampu plafon yang berbentuk kotak maupun bulat.

4. Memanfaatkan sudut ruangan

kabinet bawah tangga

desainterbaik.com

Ruangan sempit perlu dimanfaatkan setiap sudutnya, bukan bertujuan agar ruangan terlihat penuh, namun ini adalah cara untuk menyiasati agar barang-barang Anda dapat tersimpan dengan rapi.

Contohnya memanfaatkan kolong tangga untuk dijadikan ruang penyimpanan, Anda bisa memesan lemari atau laci yang disesuaikan dengan ukuran bawah tangga di ruangan Anda.Anda juga bisa membuat penyimpanan yang tersembunyi. Penyimpanan tersembunyi adalah cara menata ruangan sempit agar rapi yang paling mudah

5. Menggunakan furniture yang menyentuh plafon

furniture yang tepat

Furniture

Jika Anda adalah orang yang sulit menjaga segala sesuatu agar tetap rapi, akan lebih baik jika Anda  menggunakan furniture dengan model kabinet penuh yang didesain dari lantai hingga menyentuh plafon. Walaupun Anda akan kehilangan ruang pada dinding, solusi memiliki sistem penyimpanan sebesar ini menjadi cara terbaik dalam menata ruangan sempit terlihat rapi.

Itulah beberapa tips untuk menyiasati ruangan yang sempit menjadi luas. Namun dari kelima tips ini, pastikan Anda sesuaikan dengan gaya dan tema ruangan yang akan Anda pilih. Sesuaikan dengan desain yang kreativitas Anda. 

Nikmati kemudahan berbelanja berbagai jenis lampu secara grosir lewat smartphone hanya di aplikasi Fullmoon. Download sekarang di Play store maupun App store!