CCTV merupakan perangkat keamanan yang penting dan perlu dimiliki setiap rumah. Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan maupun daerah rawan kejahatan. Memasang CCTV di rumah sekarang ini banyak keuntungannya, mulai dari mencegah tindak kejahatan, mengawasi anak bermain, sampai melihat barang yang hilang atau tertinggal ketika sedang tidak di rumah.

Menurut Center for Problem-Oriented Policing, Arizona State University, Amerika Serikat. Pengaruh CCTV dalam mencegah kejahatan adalah dengan membuat calon pelaku urung berbuat jahat lantaran takut tertangkap.

“CCTV meningkatkan risiko tertangkap. Apabila pelaku berpikir dengan rasional, maka akan mengurangi motivasinya untuk berbuat kejahatan,” Center for Problem-Oriented Policing.

Namun walaupun demikian, penempatan CCTV di rumah juga perlu diperhatikan guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam perekamannya.

Berikut 5 tempat terbaik untuk memasang CCTV di rumah

 1.  Pintu depan

cctv di pintu depan

Lokasi ini sangat penting diawasi CCTV, pasalnya banyak tamu dan orang rumah yang keluar masuk melalui pintu depan. Sebaiknya Anda memasang CCTV yang mengarah pada pintu depan, untuk mengontrol siapa saja yang masuk dan keluar rumah Anda. 

Pemasangan CCTV pada pintu depan juga dapat mendeteksi gerakan mencurigakan di sekitar area rumah. Namun hal yang tak kalah penting, pastikan Anda menempatkan CCTV pada area yang tidak mudah dijangkau oleh tangan secara langsung untuk menghindari terjadinya kerusakan.

2.  Kamar Anak

cctv kamar anak

Tempat kedua adalah kamar anak-anak. Pasanglah CCTV di kamar anak untuk mengawasi aktivitas mereka, anak-anak rentan melakukan aktivitas yang sedikit berbahaya ketika tidak dalam pengawasan.

Selain itu apabila Anda memiliki baby sitter, untuk meminimalisir perasaan khawatir ketika sedang tidak berada di rumah. CCTV dapat membantu Anda mengawasi aktivitas mereka bersama anak Anda. Pasanglah CCTV di tempat yang tersembunyi namun dapat menjangkau seluruh ruangan. 

3.  Bagian atas tangga

cctv atas tangga

Selanjutnya Anda dapat meletakkan CCTV di bagian atas tangga apabila rumah Anda bertingkat. Perhatikan penempatannya, pastikan letakkan di tempat yang dapat menjangkau area lantai di bawahnya.

Untuk CCTV di tempat ini, pasanglah CCTV wireless untuk menghindari kabel CCTV yang menjuntai dan merusak estetika rumah Anda. 

4.  Halaman belakang atau pintu belakang

CCTV halaman belakang

Seperti CCTV yang di pasang di pintu depan. Pintu belakang juga penting dipasang CCTV, apabila kamu memiliki pintu belakang di rumah. Hal ini untuk melihat apakah adanya penyusup atau pencuri yang masuk dari pintu belakang. Anda juga dapat mengontrol akses masuk dan keluar orang rumah maupun tamu.

Sama seperti CCTV di pintu depan, CCTV di tempat ini juga harus dipasang lebih tinggi dari jangkauan tangan. Terutama di pintu belakang, ini penting untuk menghindari pembobolan maupun tindak kejahatan lain.

5. Garasi

cctv garasi

Selanjutnya jika Anda memiliki garasi di rumah. Sangat penting untuk meletakkan CCTV disana. Sebab garasi merupakan tempat yang rawan akan tindak pencurian. 

Letakkan CCTV di tempat yang dapat menjangkau ruangan garasi dan jalan depan garasi untuk memonitor gerakan yang mungkin mencurigakan di garasi.

Itulah 5 tempat terbaik untuk memasang CCTV di rumah Anda. Namun apabila Anda baru pertama kali ingin memasang CCTV perhatikan tips ini !

Dapatkan kemudahan berbelanja CCTV Hikvision hanya di aplikasi Fullmoon.  Download sekarang di Play store dan Apps store!